Dari Data Bisa Jadi Berita



Menulis berita nampaknya masih terdengar asing bagi para pengamat burung khususnya di Jakarta. Hal ini dapat terlihat dari data hasil pengamatan yang hanya dijadikan lampiran dalam laporan hasil pengamatan. Contoh data hasil pengamatan burung di Situ Gintung, Ciputat, oleh para anggota Kelompok Pengamat Burung (KPB) Nectarinia UIN Jakarta hanya dijadikan sebagai database kelompok. 
Suasana pelatihan

Dengan data yang diperoleh seharusnya dapat diolah menjadi berita sehingga masyarakat dapat mengetahui mengenai informasi satwa liar khususnya burung di Situ Gintung. Oleh karena itu, Burung Nusantara atas inisiatifnya mengundang wartawan senior TEMPO, Harun Mahbub Billah untuk melatih para pengamat burung Jakarta dan sekitarnya dalam penulisan berita.
Foto bersama setelah pelatihan

Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Margasatwa Ragunan dan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari KPB Nectarinia UIN Jakarta,  KPB Nycticorax UNJ, KSHL Comata UI dan pengamat burung IPB. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan, para pengamat burung atau birdwatchers di Jakarta khususnya tidak hanya lihai di lapangan ketika pengambilan data akan tetapi juga bisa mengolah data yang didapat menjadi sebuah karya tulis baik berita, jurnal ataupun lainnya. (@MeidiJanto)




Jika Anda menyukai Artikel KPB Nectarinia, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di web blog KPB Nectarinia
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

English Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : HIMBIO Oryza sativa | Majalah Hayati | Macro Pocket
Copyright © 2013. KPB NECTARINIA UIN JAKARTA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger