Menikmati Hari Burung Sedunia di Medan


World Migratory Bird Day 2012 yang dilakukan satu kali dalam setahun membuat orang-orang dan kelompaok-kelompok yang peduli akan keberadaan burung bermigrasi ikut memperingati dan membuat kegiatan. Festival burung, pendidikan melalui seminar dan pengenalan burung bermigrasi hingga melakukan perjalanan mengamati dan mendata burung dilapangan.
Saya, salah satu anggota dari Biologi Pencinta Alam Dan Studi Lingkungan Hidup (Biopalas) di Medan juga tidak mau kalah. Biopalas selalu aktif dan ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti publikasi kepada masyarakat luas bagaimana pentingnya burung migran dialam bebas serta dokumentasi atas kekayaan hayati didaerah pesisir timur Sumatera Utara.

Untuk memperingati World Migratory Bird Day (WMBD) 2012, Biopalas mengadakan dua kegiatan, yaitu seminar lingkungan mengenai Burung Bermigrasi dan Pengamatan langsung dilapangan. Untuk seminar dilakukan pada 9 Mei 2012 yang bertempat dikampus FMIPA USU. Dengan pemateri oleh Ferry Hasudungan dari Wetland International Indonesia Program dan Hasry Abdillah, dari Sumatera Rain Forest Intitute (SRI).Antusiasme dari peserta cukup tinggi. Instansi pemerintah, Lembaga Suadaya Masyarakat, mapala Sumatera Utara serta Mahasiswa turut hadir dalam acara ini.
Pengamatan langsung diadakan di Desa Percut Sei Tuan Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang. Kegitan ini merupakan kegiatan yang paling saya tunggu karena kegiatan yang sangat mengasikkan. Saya bisa melihat keanekaragaman, prilaku dari jenis burung bermigrasi.
Pengamatan dihadiri oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara, LSM, dan beberapa jurnalis dari Inside Sumatera. Jumlah jenis burung bermigrasi yang kami temui berkisar ± 286 ekor yang terdiri dari Limosa lapponica, Charadrius mongolus, Charadrius leschenaultii, Pluvialis squatarola, Limnodromus semipalmatus, Tringa totanus, Xenus cinereus, Numenius phaeopus, Sterna albifrons, Sterna hirundo, Butorides striata, Mycteria cinerea, Ardea alba, Egretta garzetta.

Saya menikmati kegiatan ini, tidak hanya memperingati namun juga saya bisa memanfaatkan ilmu yang telah saya dapat. Bersama dengan Biopalas berusaha melakukan yang terbaik bagi keberlangsungan burung migran khususnya diwilayah Sumatera Utara.
Selain itu, akan lebih banyak lagi khalayak umum yang mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya mengenali dunia migrasi para burung penjelajah yang dapat dikatakan spektakuler dan unik, kegiatan semacam ini bukan hanya kegiatan hiburan saja untuk kita tetapi menunjukkan apresiasi dan aksi secara nyata dilapangan, guna menjaga sumber keanekaragaman sumber daya alam disekitar kita tentunya dengan ikut serta dalam kegiatan semacam ini. Ini adalah pengalaman yang berharga bagi kita khusnya secara pribadi saya, dan saya bangga menjadi bagian dalam kegiatan pelestarian dalam menjaga kekayaan kita, khususnya wilayah pesisir.
Penulis dan foto : Boy Sandi
Tulisan ini adalah hasil dari lomba menulis BuNu 2012

Jika Anda menyukai Artikel KPB Nectarinia, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di web blog KPB Nectarinia
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

English Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : HIMBIO Oryza sativa | Majalah Hayati | Macro Pocket
Copyright © 2013. KPB NECTARINIA UIN JAKARTA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger