Biopalas dan BuNu Gelar Pelatihan Menulis Burung


Komunitas survei flora dan fauna, Biopalas dari Universitas Sumatera Utara menggelar pelatihan penulisan tentang burung. Acara digelar sejak Sabtu 1 Desember hingga Minggu 2 Desember 2012, terselenggara berkat kerjasama Biopalas dengan Burung Nusantara (BuNu), situs independen yang konsen terhadap konservasi dan burung.

Ketua Biopalas, Boy Sandi menjelaskan kegiatan bertema “Peningkatan Kapasitas untuk Klub Pengamat Burung di Indonesia” diikuti 41 orang, mahasiswa dan aktivis lingkungan. Kegiatan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama, kata Boy, seminar tentang teknik penulisan berita dan artikel dengan pemateri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Medan. Di hari terakhir, Boy mengatakan, seluruh peserta melakukan observasi langsung ke habitat burung di kawasan pantai Kabupaten Deli Serdang. “Kegiatan ini difasilitasi Burung Nusantara yang diwakili Fransisca Noni,” kata Boy.
Kegiatan awal diselenggarakan di lantai dua gedung unit 7 Fakultas MIPA USU. Pemateri dari AJI Kota Medan, Soetana Monang dan Nirwansyah Putra memberikan dasar-dasar teknik menulis dan teknik reportase. Menurut Soetana, para peserta memiliki potensi untuk menulis karena secara langsung melakukan praktik pengamatan terhadap burung, juga mengetahui secara ilmiah karakter dan habitat satwa itu.
“Potensi peserta sangat besar dalam menulis, hanya sedikit bingung ketika menulis (berita) dengan kalimat populer karena terbiasa kalimat ilmiah. Tinggal melatih dengan menulis dan ada kemauan untuk menulis,” kata Soetana. Karya tulis dapat dipublikasi dengan memanfaatkan situs jaringan sosial, seperti facebook.
Fransisca Noni menegaskan tujuan kegiatan ini guna mengembangkan dan memberi wawasan bagi kominutas pecinta burung dalam menulis berita. Karya tulis itu, ujar Fransisca, akan diakomodir di media. “Tentunya tulisan adalah fakta, berisi data dan informasi dari lapangan disampaikan bagi masyarakat luas,” kata dia. Dari kegiatan ini, diharapkan komunitas pecinta burung dan aktivis lingkungan menjadi terdepan menyampaikan informasi terbaru. (Darmawan/Boy Sandi)
Editor : Soetana Monang
Jika Anda menyukai Artikel KPB Nectarinia, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di web blog KPB Nectarinia
Share this post :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

English Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : HIMBIO Oryza sativa | Majalah Hayati | Macro Pocket
Copyright © 2013. KPB NECTARINIA UIN JAKARTA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger